Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

PERSPEKTIF.INFO-(Samarinda)- Disperindagkop UKM Kalimantan Timur (Kaltim) tampil sebagai pemain utama dalam mendorong kemajuan sektor ekonomi di wilayah Timur Borneo. Melalui beragam inisiatif pengembangan, OPD ini memberikan dukungan aktif terhadap pertumbuhan UMKM di Tanah Kalimantan.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kaltim Encik Wardani, upaya ini berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, akan menciptakan lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran.

“Dari pandangan saya, OPD yang bertugas melakukan pembinaan pada UMKM adalah Disperindagkop UKM. Ini adalah OPD yang mampu mengurangi tingkat pengangguran Kaltim,” tegasnya, Jumat (3/11/2023).

Politikus PKS ini menyebutkan bahwa UMKM itu salah satu tiang kuat dalam perekonomian, sehingga tak heran jika saat ini pemerintah memprioritaskan dan mempromosikan UMKM sebagai program strategis terkemuka.

“Dukungan untuk UMKM perlu digencarkan. Pemerintah harus menyebarkan program UMKM dengan masif,” jelasnya.

Akan tetapi, pria kelahiran Samarinda ini pun turut prihatin terhadap ketidakmaksimalan program-program yang diberikan pada UMKM. Menurutnya, penting bagi pemerintah melakukan pemantauan dan pendampingan yang lebih intensif untuk memastikan hasil konkret dari program-program sebelumnya.

“Contohnya, ketika pemerintah memberikan bantuan ataupun pelatihan. Setelah selesai itu, justru pelaku UMKM ini ditinggal begitu saja. Itu contoh pertama,” paparnya.

“Kedua, bantuan yang diberikan tidak tepat sasaran. Bahkan, ada yang ekonominya sudah ok tapi masih dikasih bantuan. Ini harus dievaluasi,” tegasnya.

Kehadiran UMKM diharapkan Encik, benar-benar mampu memberikan kontribusi nyata, seperti meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengurangi tingkat pengangguran di Bumi Kalimantan.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *