Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

SAMARINDA – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Festival dan pameran lomba burung berkicau tingkat nasional “Kajati Kaltim Cup II” di halaman kantor Kejati Kaltim, Jalanm Bung Tomo, Samarinda Seberang, Minggu (13/8/2023).

Dalam kegiatan ini, di ikuti peserta dari dari berbagai daerah, selain dari Kaltim, Kalsel, Kaltara, bahkan peserta ada dari Pulau Jawa yang turut serta memeriahkan acara ini.

Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Kaltim Romulus Haholongan yang juga selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerja sama dengan pihak Klub Rajawali Indonesia.

“Dan terdapat 14 jenis burung yang ditandingkan dalam lomba ini, dan sesuai katagori yang di perlombakan,” lanjutnya.

Selain itu juga, pihaknya mengucapkan terima kasih atas support dari para sponsor yang turut mendukung suksesnya kegiatan ini.

Di tempat yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Hari Setiyono mengungkapkan rasa terima kasih kepada para panitia dan Klub Rajawali Indonesia serta pihak Sponsor ang turut mendukung dan mensupport, hingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Kegiatan ini yang kedua kalinya, dan sebelumnya pada tahun 2018 silam, karena pada tahun berikutnya (red, tahun 2019 hingga tahun 2020) dilanda wabah Covid-19, maka di tahun ini baru di laksanakan untuk kedua kalinya,” sambungnya.

Sponsor utama kegiatan ini dari PT. Istana Utama Surya SOLARCELL yang telah membantu berjalannya acara ini.

Kajati Kaltim Hari Setiyono menyebutkan bahwa kicauan burung ini bisa membuat hati bahagia dan senang serta dapat menyegarkan pikiran.

“Kegiatan ini tidak hanya untuk memperlombakan saja, namun bisa di suatu saat untuk melepaskan burung tersebut ke alam liar,” imbuhnya.

Ia berharap agar para kicau mania bisa melestarikan burung agar tidak punah, hal ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan. “Dalam event ini, telah disediakan stand untuk para pelaku usaha kecil, dengan harapan bisa membantu meningkatkan ekonomi rakyat.”

Hal ini sudah menjadi instruksi dari Kejaksaan Agung RI, untuk berupaya membantu peningkatan ekonomi di sektor UMKM. “Sehingga, ekonomi masyarakat bisa bangkit, setelah melewati pasca dampak pandemi Covid-19,” katanya.

Agar bisa menjadi ajang silaturahmi para kicau mania dan semakin menumbuhkan semangat sportivitas di antara sesama pecinta burung.

“Kita harapkan bisa semakin mendekatkan Kejati Kaltim dengan masyarakat,” ungkap Hari.

Bagi para pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trofi, dan doorprize seperti motor, sepeda, kulkas, mesin cuci, televisi, panci, sangkar burung, dan lain-lain.

Di sisi lain, Direktur PT Istana Utama Surya SOLARCELL yang beralamatkan Jalan Panjaitan No 8, Emanuel Setiawan yang merupakan sponsor utama kegiatan Kajati Kaltim Cup II ini, turut menjelaskan bahwa pihaknya terus membantu kegiatan olahraga di Kaltim.

“Kami telah mensponsori beberapa event olahraga, antara lain running trail, drag race, dan kali ini event gantangan,” tutup Boim sapaan akrabnya. (andi isnar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *