Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

CUKUP SIAP: Samboja salah satu kecamatan di ring satu IKN disiapkan sulplai pangan. Tampak Presiden Jokowi meninjau proyek IKN Sepaku

TENGGARONG-Pemerintah Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara (Kukar), mempersiapkan diri menjadi wilayah penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Persiapan itu dengan sektor pertanian.

Camat Samboja Barat Barhanuddin membeberkan, pemerintah kecamatan akan terus berkomunikasi dengan Direktur Ketahanan Pangan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Setia P Lenggo, untuk membahas perkembangan pertanian di Samboja Barat. Dirinya menerangkan, pihaknya akan mendorong masyara

kat, terutama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) untuk mempersiapkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergelut di sektor pertanian.

“Saat ini kami cukup intens dalam melakukan komunikasi dengan direktur di Otorita IKN. Bahkan seharusnya bulan ini kita ada expo pangan,” kata Burhanuddin, Selasa (17/10/2023).

Selain itu, untuk menggali potensi dalam pengembangan sektor pertanian, telah dikirim beberapa ahli dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kukar untuk meniliti dan menganalisis dampak sosial ekonomi masyarakat.

Di sisi lain, Barhanuddin menyebut perkebunan timun di wilayahnya telah menghasilkan Rp100 juta per bulan. Tak hanya timun, wilayah tersebut juga memiliki potensi tanaman hidroponik yang bahkan sudah dikirim ke Kota Balikpapan.

“Kami akan terus mendorong untuk mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas. Jadi untuk menyuplai ketahanan pangan di IKN nanti kami cukup siap,” pungkasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *