Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

SUNGGUH-SUNGGUH: Wabup Rendi mengapresiasi OPD terkait mengawal bantuan Alsintan.

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Rendi Solihin kembali mengunjungi warga tani yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang, tepatnya di Desa Manunggal Jaya. Kehadiran Wabup Rendi disambut gembira para kelompok tani setempat dimana puluhan unit Alsintan pun telah tersedia dilokasi dan siap dibagi-bagikan ke kelompok tani.

Mewakili kelompok tani yang ada di Kecamatan Tenggarong seberang mengucapkan selamat datang bapak wakil Bupati (Rendi Solihin), tentunya kami sangat gembira dan berterima kasih atas kunjungan ini, apalagi ada oleh-oleh yang sudah siap untuk dibagikan untuk menunjang aktivitas pertanian di Tenggarong Seberang,” kata Edi Paito, Ketua Poktan Tenggarong Seberang.

Dalam silaturahmi itu, wabup Rendi Solihin juga mengapresiasi atas kerja dan semangat para kelompok tani yang terus melakukan aktivitasnya dan pemerintah pun hadir didalamnya dalam memfasilitasi dan memberikan bantuan seperti Alsintan.

“Bantuan ini merupakan salah satu bentuk komitemen kami (Edi Damansyah-Rendi Solihin) terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Kutai Kartanegara. Terkait dengan komitmen kami terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas, kami tegaskan kembali bahwa kami akan fokus dan sungguh-sungguh dalam mengawal kebijakan pembangunan pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya, (18/9) lalu.

Disebutkan Rendi, dalam Visi dan Misi, Cita Kukar “Idaman (Inovatif, Daya Saing dan Mandiri)”, Program Prioritas/Unggulan dan Program Dedikasi EDI-RENDI sudah sangat jelas dan tegas salah satu fokus kami adalah Pertanian dalam Arti Luas melalui Program Pembangunan Pertanian dalam Arti Luas Berbasis Kawasan dan Program Hilirisasi Produk Pertanian.

“Saat ini telah ditetapkan 5 (lima) kawasan pertanian untuk pengembangan padi sawah, yaitu kawasan pertanian Loa Kulu-Sebulu (luas + 1.520,63 ha), Tenggarong-Loa Kulu (luas+1.216,71 ha), Marangkayu (luas + 1.082,16 ha), Tenggarong Seberang 1 (luas+1.650,05 ha), Tenggarong Seberang 2 (luas+2.166,71 ha). Lima kawasan pertanian di atas merupakan sawah eksisting dengan luas keseluruhan+8.093,06 hektar,” katanya.

Saya berharap adanya bantuan alsintan ini nantinya produk dan hasil pertanian terus meningkat sehingga kita mampu berkontribusi dan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur dan IKN,” harapnya.

Diketahui, alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa Handtractor Glebek yang diserahkan kepada Gapoktan/Poktan sebanyak 27 unit, terdiri dari Loa Lepu Karya Dayaku (1 unit), Loa Pari Semoga Jaya (1 unit), Loa Pari Podo Makmur (1 unit), Perjiwa Gapoktan Berkah Mandiri (1 unit), Buana Jaya Gapoktan Mitra Tani (3 unit), Manunggal Jaya Gapoktan Serba Guna (5 unit), Bukit Raya Gapoktan Mekar Jaya (4 unit), Bukit Pariaman Gapoktan Bukit Makmur (3 unit), Mulawarman Gapoktan Tani Jaya (1 unit), Kerta Buana Poktan Sido Rukun (1 unit), Kerta Buana Poktan Tunas Mekar (1 unit), Kerta Buana Poktan Martayoga (1 unit), Kerta Buana Poktan Tunas Harapan (1 unit), Loa Raya Poktan Sumber Karya (1 unit), Loa Raya Gapoktan Amanah (1 unit), Bukit Raya Poktan Harapan (1 unit). (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *