Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Bantuan Sektor Pertanian Rp 800 Miliar dan Rp 1 Triliun Sepanjang 2023

MESIN MODERN: Bantuan mesin panen padi, Wabup Rendi menaiki mesin modern yang difungsikan memotong dan mamanen padi secara mekanis

TENGGARONG-Wakil Bupati Rendi Solihin berjanji untuk menciptakan iklim sektor pertanian yang menguntungkan. Ia mengatakan, petani harus jadi profesi yang menjanjikan dan menyejahterakan khususnya para petani Desa Panca Jaya di daerah Muara Kaman, begitulan penegasan Rendi kepada kelompok tani. “Pemkab Kukar akan berusaha terus untuk membuat sektor pertanian sebagai sektor yang menguntungkan,” ujarnya saat menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

Salah satu perwujudan perhatian ini adalah peningkatan budget anggaran untuk sektor pertanian. Untuk saat ini anggaran yang diberikan untuk sektor pertanian sudah mencapai angka Rp 800 Miliar dan Rp 1 Triliun sepanjang tahun 2023. “Ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai fokus pertanian. Jadi, anggaran pertanian tidak seperti biasa lagi, jika tahun-tahun sebelumnya setahun hanya berkisar Rp 300 Miliar – Rp 400 Miliar, kini naik dua kali lipat,” ungkap Rendi.

Sunanto petani di Desa Panca Jaya mengaku dirinya turut merasa bahagia menerima kepedulian dan juga bantuan keperluan pertanian yang diberikan kepada dirinya. “Kami sangat terbantu akan perhatian yang diberikan sehingga ia bisa memenuhi kebutuhan – kebutuhan,” ucapnya.

Rendi berkata bantuan pertanian berupa berbagai jenis pupuk, dari mulai pupuk organik hingga pupuk NPK. Masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani pun menyambut gembira atas bantuan pertanian ini. “Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” jelasnya.

Bantuan asupan pertanian yang diberikan kali ini sudah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh para petani. Harapannya, bantuan yang diberikan mampu membantu dan menyukseskan pelaksanaan program – program pemerintah dan menjadikan Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai produsen lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Timur dan juga sebagai daerah penopang pangan dari Ibu Kota Nusantara (IKN). “Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” kata Sunanto. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *