Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Solarcell Kapital Bantu DPMD Kukar

SALAM KOMANDO: Emanuel Setiawan, selaku Direktur Solarcell Kapital bertemu Bupati Edi Damansyah

TENGGARONG-Tidak bisa dipungkiri, masih banyak pekerjaan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), dalam membangun daerahnya. Ya, salah satunya adalah mengenai keterbatasan energi listrik. Terutama untuk desa-desa di kawasan pedalaman. Namun kendala mengenai keterbatasan energi listrik tersebut, dipastikan berkurang dengan peran aktif sektor swasta.

Sebagai contoh, yakni kepedulian Solarcell Kapital. Penyedia Solarcell – listrik tenaga surya, yang berkantor di Jalan Panjaitan Nomor 8 Kota Samarinda ini. Ternyata terus berperan dalam mengentaskan masalah listrik di pedalaman Kukar. Bahkan Senin (2/10) siang, Emanuel Setiawan, selaku Direktur Solarcell Kapital, menyerahkan bantuan. Secara simbolis diterima Bupati Edi Damansyah bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar, Arianto.

“Kami tadi bertemu Pak Bupati dan Kepala DPMD Kukar. Menyerahkan beberapa ornamen atau properti untuk pembangunan listrik desa. Dengan harapan ke depan, semoga pembangunan wilayah desa di Kukar semakin maksimal. Terutama dalam menyelesaikan masalah atau kendala tenaga listrik di desa-desa jauh dari perkotaan,” jelas Emanuel Setiawan kepada harian ini.

TIM SOLARCELL: Selalu siap dikerahkan ke lapangan, bahkan sampai pelosok desa-desa di Kukar dan sekitarnya.

Keterbatasan suplai energi listrik dari PLN. Kini mulai diatasi Pemkab Kukar dengan membangun jaringan listrik komunal. Dengan cara mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kumonal. Desa Tunjungan di Kecamatan Muara Kaman, tercatat sebagai salah satu desa yang telah menikmati energi listrik tenaga surya tersebut.

“Untuk keperluan listrik Desa Tunjungan, khususnya Dusun Nangka Bonah. Telah dibangun PLTS berkapasitas 20 Kwh. Penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi listrik pada Dusun Nangka Bonah, jadi alternatif terbaik. Mengingat posisinya terpencil di Desa Tunjungan, karena kawasannya berupa rawa-rawa (gambut). Alhamdulillah sekarang warga Dusun Nangka Bonah sudah menikmati listrik 24 jam,” kata Bupati Edi Damansyah.

Tidak hanya pada desa pedalaman Muara Kaman. Upaya serupa juga telah dilaksanakan Pemkab Kukar, menggandeng Solarcell Kapital dipimpin Emanuel Setiawan. Yakni membangun PLTS di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis. Ternyata dengan segala keterbatasan wilayah desa berada di rawa-rawa itu, sekarang masyarakat Muara Enggelam telah menikmati energi listrik secara maksimal. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *