Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
post

TENGGARONG-Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Kapolda) dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provensi Kalimantan Timur menggelar Deklarasi Pemilu Damai Dan doa Bersama lintas Agama dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2024 yang aman dan damai di gedung BSCC Dome Kota Balikpapan, Pada 24 September 2024.

Hadir Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Nanang Avianto. Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pasangan Caleg Gubernur, Wakil Gubernur Kaltim, Caleg Bupati, Wakil Bupati dan Caleg Walikota dan Wakil Walikota se- Kalimanatan Timur, Para pengurus Parpol , Tim Sukses dan undangan penting lainnya.

Usai melakukan penandatanganan kesepakatan Pilkada Damai, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto sangat mengapresiasi adanya kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Dan doa Bersama lintas Agama dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2024.

foto; Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto

Pesta demokerasi yang sebentar lagi kita laksanakan, pada intinya untuk memperkuat sistem presidensial. ketentuan mengenai Pilkada digelar serentak di 2024 diatur melalui Pasal 201 Ayat (8) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menyebutkan bahwa pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh wilayah Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024.

“Saya bersama Komisi Pemilihan Umum berharap Pilkada Serentak Tahun 2024 akan membawa hal yang positif untuk memilih pemimpin kepala daerah. Bagi semua caleg Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati dan Walikota dan Walikota bisa sama-sama menjaga kondusivitas, terutama keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Jangan sampai melakukan kampanye hitam (black campaign). Masyarakat bebas memilih yang terbaik diantara yang baik,” ungkapnya.

foto: Cabup dan Cawabup Kukar saat mengikuti aksi damai

Deklarasi Damai ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk menjaga harmonisasi dan kondusivitas wilayah Kalimantan Timur.

Kapolda Kaltim menekankan bahwa keberhasilan Pilkada tidak hanya diukur dari hasil pemungutan suara, tetapi juga dari terjaganya keamanan dan kedamaian di tengah masyarakat.

“Dengan semangat kebersamaan dan komitmen kuat, mari kita sukseskan Pilkada Serentak 2024 ini demi masa depan Kalimantan Timur yang lebih baik,” ucap Kapolda. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *