Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

TENGGARONG-Wakil Ketua I DPRD Kutai Kartanegara Alif Turiadi melalui Pokok-pokok Pikiran (Pokir) menyalurkan papan interaktif display (Layar TV ). Acara serah terima bantuan sarana prasarana (sapras) untuk menunjang kinerja pemerintahan desa, pada Kamis (1/8/2024).

Dihadiri 55 orang kepala desa (kades) dan perwakilan pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar. Dihadapan seluruh kades yang hadir langsung guna menerima secara simbolis bantuan sapras ini, Alif mengatakan diharapkan dengan adanya papan interaktif ini akan lebih meningkat lagi kinerja pemerintahan desa terlebih kinerja para kades.

“Semisal ada rapat penting terkendala dengan waktu dan jarak, alangkah efisiensinya teknologi ini tembus ke jangkauan yang luas, ini yang jadi pemikiran saya sehingga kinerja kades terbantu dengan adanya teknologi,” ucapnya.

Ia mengucap syukur alhamdulillah hari ini sudah terealisasi papan interaktif display untuk rapat online (zoom meeting), layar sentuh (touch screen). “Dari sinilah harapan saya bapak ibu sekalian aparatur desa dapat mewujudkan transformasi digital dan bisa menggunakan teknologi untuk kemanfaatan seluruhnya (pelayanan publik secara digital),” ujarnya.

Semisal ada rapat penting terkendala dengan waktu dan jarak, alangkah efisiensinya teknologi ini tembus ke jangkauan yang luas, ini yang jadi pemikiran saya sehingga kinerja kades terbantu dengan adanya teknologi. “Alhamdulillah hari ini sudah terealisasi papan interaktif display untuk rapat online, bisa buat nulis, zoom meeting, dari sinilah harapan saya bapak ibu sekalian aparatur desa bisa menggunakan teknologi untuk kemanfaatan seluruhnya,” tutur Politisi Gerindra ini.

Selain papan interaktif, guna menunjang bantuan sapras ini, DPRD Kukar juga berkolaborasi dengan DPMD Kukar untuk memberikan bantuan berupa PC, laptop dan mebeler. Alif mengungkapkan bantuan tersebut dipastikan akan terealisasi di tahun 2024 ini. “Saya harap cepat terealisasi tinggal distribusi, papan interaktif ini harapannya bisa di maintenance dengan baik karena ini bukan aset saya, saya hanya menyalurkan aspirasi kawan-kawan kades dan dikawal dengan baik,” ungkap Alif.

Karena bantuan sapras ini merupakan aset Pemkab Kukar, maka diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi pembangunan daerah.

Hal senada ditambahkan perwakilan DPMD Kukar Miswianto menyebutkan bahwa bantuan papan interaktif ini seluruh desa yakni 193 desa sudah menerima. Mekanisme penyaluran bantuan ini kolaborasi dari pemerintah kabupaten dan lembaga legislatif baik DPRD Kukar maupun DPRD Provinsi Kaltim.

“Nantinya pemerintah desa akan menerima PC, laptop dan mebeler, untuk saat ini sudah datang, tinggal pendistribusian saja, sebelum penyerahan dilakukan para operator desa sudah mendapatkan pelatihan termasuk 55 desa yang mendapatkan bantuan pada hari ini,” ucapnya.

Agar sarana itu dapat berguna dan dirawat sesuai kegunaannya, DPMD dan DPRD Kukar telah memberikan pelatihan kepada operator masing-masing desa.

“Ke 55 desa ini masuk ke dalam desa presisi, dan itulah penunjang utama terkait spek PC itu mendukung data desa presisi, harapannya operator mengoperasikan dengan baik sehingga data yang ada bisa diupload secara berkala terkait data desa presisi, kami menyampaikan dari pimpinan DPMD Kukar mengucapkan terima kasih kepada Pak Alif karena pokir ini sangat bermanfaat,” ucap Miswianto. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *