Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

TENGGARONG-Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Alif Turiadi menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam, di Makopolres Kukar, Senin (15/7/2024).

Adapun tema operasi patuh Mahakam tahun 2024 mengusung tema ‘Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas’ dengan pimpinan apel, Wakapolres Kukar Kompol Aldi Harjasatya.

Dalam sambutannya, Kompol Aldi mengatakan, lalu lintas merupakan urat nadi perekonomian suatu negara, oleh sebab itu pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) sangatlah penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Kamseltibcarlantas merupakan suatu cermin keberhasilan dari pembangunan peradaban modern.

Polri khususnya Polantas bersama dengan pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap budaya tertib berlalu lintas. Pelaksanaan operasi kepolisian patuh mahakam tahun 2024 mempunyai tujuan menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lantas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pilkada 2024 serta peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun sasaran pelanggaran yang akan ditindak dalam operasi patuh Mahakam 2024 yaitu pengemudi atau pengendara di bawah umur, pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel pada saat berkendara, berkendara sepeda motor membawa penumpang lebih dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm SNI atau safety belt, pengemudi atau pengendara dalam pengaruh alcohol, pengemudi atau Pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan.

Dengan digelarnya apel gelar pasukan ini, akan diketahui kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. “Sehingga operasi patuh mahakam tahun 2024 yang digelar selama 14 hari ke depan (tanggal 15 – 28 Juli 2024) diharapkan dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tujuan, dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan,” ucap Wakapolres.

Usai mengikuti apel gelar pasukan Operasi Mahakam 2024 ini, Alif Turiadi berharap semua pihak terlibat menjaga pentingnya kamseltibcarlantas. Alif menegaskan ketertiban dan keselamatan berlalu lintas bukan hanya tugas aparat kepolisian namun peran semua lapisan masyarakat.

“Berangkat dari tema yang diusung, diharapkan dengan digelarnya operasi patuh Mahakam ini, baik saat berlangsungnya ops dan nanti setelah selesai dua pekan kedepan, ketertiban berlalu lintas terus terjaga di Kutai Kartanegara di seluruh kecamatan dan desa-desa,” harap Alif. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *