Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Anggota DPRD Kalimantan Timur, Bagus Susetyo

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda) – Anggota DPRD Kalimantan Timur, Bagus Susetyo menegaskan pentingnya fokus Kaltim untuk mencapai swasembada pangan di wilayah tersebut, mengingatkan Pemerintah Provinsi Kaltim akan komitmen yang harus dijaga demi tujuan ini.

Bagus menekankan bahwa Kaltim harus mampu memenuhi kebutuhan pangan secara internal tanpa bergantung pada pasokan dari daerah lain.

“Swasembada pangan akan membawa dampak positif besar pada kesejahteraan masyarakat dan pembangunan wilayah,” ujarnya.

Bagus menyoroti perlunya langkah konkret dalam mencapai kemandirian pangan, termasuk optimalisasi pencetakan lahan sawah baru. Dia juga mendorong Pemerintah Provinsi Kaltim untuk memprioritaskan pembangunan waduk dan teknologi irigasi guna mencapai kemandirian pangan yang diinginkan.

Selain itu, dia juga mengusulkan peningkatan konektivitas melalui pengembangan infrastruktur jalan antar kabupaten/kota untuk meningkatkan distribusi komoditas pangan.

“Di DPRD, mari terus berjuang untuk memberikan sumbangsih positif dalam mendorong pembangunan Kaltim,” tegasnya.

Swasembada pangan menjadi aspek krusial dalam menjamin ketahanan pangan regional. Bagus menegaskan bahwa Kaltim harus memiliki ketahanan pangan internal yang tangguh, tidak lagi tergantung pada pasokan dari luar wilayah.

“Ini akan menjadi tonggak penting dalam menstabilkan pasokan pangan, meningkatkan daya beli masyarakat, dan menggerakkan perekonomian lokal,” terangnya.

Kendati tantangan dalam mencapai swasembada pangan tidaklah ringan, Bagus menegaskan bahwa dengan kerja keras dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak terkait, tujuan ini dapat terwujud.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah maupun swasta, untuk bergandengan tangan dalam merealisasikan visi tersebut, demi masa depan yang lebih baik bagi Kalimantan Timur.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *