Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Sudah Lama Kaltim Berikan Banyak Kontribusi dari Eksploitasi SDA tapi Tak Berikan Keuntungan Signifikan ke Masyarakat (foto Rusman Ya’qub)

PERSPEKTIF.INFO (SAMARINDA) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, Rusman Ya’qub menyoroti, eksploitasi terhadap Sumber Daya Alam (SDA) secara berlebihan di Kalimantam Timur (Kaltim).

“Eksploitasi SDA di Kaltim sudah mencapai taraf yang berlebihan. Beberapa diantaranya yakni tambang liar, ilegal fishing, dan pembakaran hutan berskala besar untuk lahan kelapa sawit,” ungkapnya.

Rusman menyayangkan, kepada pemerintah yang belum melakukan program yang signifikan terkait pemulihan hutan dan kawasan ekologi.

“Sudah lama Kaltim memberikan banyak kontribusi melalui kegiatan eksploitasi SDA, mulai dari kekayaan minyak dan gas, sumber daya kayu dan batu bara. Namun hal tersebut tidak memberikan keuntungan yang signifikan kepada masyarakat Kaltim,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menghimbau dengan tidak melakukan eksploitasi secara berlebihan merupakan suatu bentuk berdaulat terhadap Benua Etam yang telah memberikan kehidupan dan banyak manfaat pada masyarakat Kaltim.

“Mari kita sama-sama menjadikan Kaltim tanpa eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, kita harus tetap melestarikan kekayaan alam dan melakukan pemulihan hutan,” tutupnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *