Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Dok Pemberian Bantuan Kepada Atlet Disabilitas Oleh Herlina Yanti Anggota DPRD Kaltim

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda)-Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, atau sensorik dalam jangka waktu lama, yang dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif.

Hal ini juga tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Dinyatakan jika setiap warga negara, termasuk para penyandang disabilitas, mempunyai kedudukan hukum dan hak asasi manusia yang sama sebagai Warga Negara Indonesia, dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Begitu pula dengan para atlet penyandang disabilitas, khususnya yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tidak hanya berbekal semangat dan tekad yang kuat, namun ada pula hal yang harus diperhatikan oleh Pemerintah, dalam hal pembinaan serta memberikan fasilitas yang layak bagi para atlet-atlet penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Oleh karenanya, melalui Pokok Pikiran dari salah satu anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Herliana Yanti, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim menyerahkan bantuan berupa Kursi Roda kepada Atlet Disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Adapun penyerahan 16 unit kursi roda ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, AA Bagus Surya Saputra Sugiarta, kepada Perwakilan Pengurus NPC Kabupaten Penajam Paser Utara, Sugiarti, yang mana serah terima ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Kompleks Gelanggang Olahraga Kadrie Oening, Jalan Kiai Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, tanggal 14 November 2023.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, Bagus, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Herliana Yanti, melalui Pokok Pikirannya, telah membantu dalam pengembangan olahraga, khususnya pengembangan para atlet-atlet disabilitas di Kalimantan Timur, terutama yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Saya berharap, tidak hanya para atlet penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara saja yang menerima bantuan, namun seluruh atlet penyandang disabilitas yang ada di Kota maupun Kabupaten yang ada di Kalimantan Timur, bisa kita fasilitasi juga”, ungkapnya

Begitu pula dengan Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Timur dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia PDI Perjuangan, Herliana Yanti menuturkan, semoga dengan bantuan Kursi Roda ini, bisa sangat bermanfaat bagi para atlet penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Bantuan fasilitas berupa kursi roda untuk para atlet penyandang disabilitas ini, merupakan bantuan pertama bagi pihak NPC Kabupaten Penajam Paser Utara. Karena memang sebelumnya, NPC PPU belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan”, pungkasnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *