Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

PERSPEKTIF.INFO (TENGGARONG) – Menjadi salah satu daerah lumbung pangan untuk di wilayah Kaltim, sektor pertanian menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Penguatanpun terus dilakukan diberbagai sektor, salah satunya dari sisi peralatan pertanian modern guna mempermudah para petani dalam beraktivitas.

Hal tersebut dibuktikan dengan diserahkannya bantuan sarana produksi pertanian berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) oleh Wakil Bupati Kukar Haji Rendi Solihin kepada 43 Kelompok tani se Kecamatan Samboja Barat dan Kecamatan Samboja, bertempat di Kelurahan Salok Api Darat, Senin (13/11/2023).

Adapun Gapoktan penerima bantuan tersebut diantaranya Gapoktan Bina Tani, Gapoktan Tani Merdeka, Gapoktan Harapan Jaya, Gapoktan Karya Ambalat, Gapoktan Mandiri, Gapoktan Tumbuh Sejahtera, serta Gapoktan Mekar Jaya.

Dalam arahannya, Haji Rendi Solihin mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan para petani yang ada di Kabupaten Kukar, dimana menurutnya ada tiga kebutuhan khusus yang menjadi prioritas diantaranya infrastruktur pertanian seperti jalan usaha tani dan embung, pupuk, serta Alsintan. dimana menurutnya, apa yang menjadi kebutuhan prioritas tersebut satu per satu sudah mulai terpenuhi secara bertahap.

“Pemkab Kukar memilih salah satu bantuan yang diberikan kepada para petani berupa alsintan, hal tersebut menurutnya tidak lain dikarenakan jumlah petani aktif di Kukar rata-rata berusia lanjut, sehingga harapannya kedepan dengan adanya bantuan peralatan pertanian modern tersebut akan mempermudah aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani tersebut,” ujarnya.

Haji Rendi Solihin menambahkan dipilihnya sektor pertanian di Kabupaten Kukar guna dilakukan penguatan tersebut tidak lain karena kedepan sumber daya alam yang dimiliki oleh Kukar seperti gas, minyak bumi, dan batu bara akan habis pada waktunya. berkenan dengan hal tersebut disampaikannya kedepan sektor pertanian khususnya dalam arti luas bisa menjadi pengganti penopang perekonomian di Kabupaten Kukar, karena menurutnya sektor pertanian tersebut tidak akan pernah ada habisnya.

Berkenaan dengan sektor pertanian yang memiliki prospek sangat menjanjikan itu, dirinya mengajak anak-anak muda Kukar untuk terjun ke dunia pertanian, karena menurutnya sektor pertanian kedepan bisa menjadi salah satu sektor pekerjaan atau profesi yang sangat menjanjikan. “Apa yang kita lakukan hari ini iyalah salah satu langkah kita untuk melakukan penguatan pada sektor pertanian,” ujar H Rendi Solihin.

H Rendi Solihin berharap kedepan apa yang telah diserahkan tersebut bisa digunakan sebagai mana mestinya guna menunjang produktivitas dan peningkatan sektor pertanian yang ada khususnya yang berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Samboja Barat.

Sekedar informasi, kegiatan yang turut dihadiri di antaranya Camat Samboja Barat Burhanuddin, Camat Samboja Damsik, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Samboja Barat itu juga diserahkan bantuan pupuk.(pro/hl/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *