Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Encik Wardani / Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda) – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Encik Wardani memberikan pujian Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kaltim terhadap program e-katalog sebagai media branding pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Guna meningkatkan usahanya.

E-katalog merupakan sistem berbasis elektronik yang digunakan oleh pemerintah untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah berupaya adakan pelatihan dan sosialisasi bagi para pelaku UMKM untuk beradadaptasi dengan system e-catalog

Namun menurutnya, belum optimalnya dalam penggunaan system tersebut.

“Namun masalah yang dihadapi oleh sebagian pelaku UMKM yaitu, masih banyak pelaku UMKM belum bisa melakukan ini secara teknis. Jadi kita berupaya bagaimana e-katalog ini bisa menjadi trend. Karena ini memudahkan, jadi perlu dimassifkan lagi,” ungkapnya.

Encik Wardani juga mengungkapkan e-katalog kini harus dimiliki oleh pelaku UMKM. Sebab, kemudahan dan hematnya biaya diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk usaha.

“Karena pemanfaatan e-katalog memungkinkan entitas pemerintah dan UMKM untuk membeli barang dan jasa secara efisien, transparan, dan terstruktur, jadi pelaku perlu UMKM yang masih minim pengetahuan teknologi butuh pendampingan,” ungkapnya.

Encik pun berharap, agar Disperindagkop UKM Kaltim terus memberikan pendampingan dan perhatiannya kepada pelaku UMKM. Guna meningkatkan kualitas ekonomi Kaltim untuk bersaing di dunia pemasaran. Pun juga, untuk mengurangi tingkat pengangguran dibenua etam.

“Upaya mereka guna mengurangi angka pengangguran karena berkait dengan tumbuhnya UMKM di Kaltim,” harap Encik.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *