Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Salehuddin Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Dok RL/Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO,(Samarinda)- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin menyebutkan bahwa, peningkatan sumber daya manusia (SDM) adalah kunci utama dalam pengentasan kemiskinan di daerah.

Ia juga menjelaskan kemiskinan akan berdampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat, seperti kekurangan pangan dan gizi, keterbelakangan pendidikan, kriminalitas, dan kerusakan lingkungan.

“Untuk mengatasi permasalahan kemiskinan ini, diperlukan peran aktif dari pemerintah dan masyarakat,” Sarannya.

Anggota Dewan dari daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini mengatakan, peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan manusia merupakan kunci untuk mengentaskan kemiskinan dan ketimpangan.

Lebih lanjut, pengembangan SDM dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Saleh meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus memberikan fasilitas atau ruang yang maksimal bagi proses pembinaan SDM, termasuk melakukan kerja sama dengan dunia usaha yang ada di Kaltim.

“Apalagi adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini juga jadi tantangan kita. Saya fikir sekarang memang Kaltim belum ada proses bagaimana meningkatkan SDM,” harapnya.

Ia juga berharap, keterlibatan semua pemangku kepentingan, termasuk ribuan perusahaan di Kaltim, agar kontribusi dalam pengentasan kemiskinan.

Sebagai contoh, program bedah rumah yang dilakukan Pemprov Kaltim perlu melibatkan perusahaan.

“Perusahaan di Kaltim mesti meningkatkan kontribusinya dalam mengentaskan kemiskinan. Misalnya menyalurkan program ratusan rumah layak huni,” ucap penuh hrapan Salehuddin.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *