Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

foto: Sopan Sopian/ist

TENGGARONG– Anggota DPRD Kukar asal Gerindra Dapil Kutai Kartanegara (Kecamatan Hulu, Kota Bangun-Muara Muntai), Sopan Sopian meminta Pemkab Kukar untuk konsisten memprioritas sektor pertanian di Kukar, karena kedepannya masih sangat menjanjikan untuk rakyat.

“IKN kedepannya terus berjalan pembangunannya, kebutuhan pangan akan lebih meningkat, semoga sektor pertanian Kukar semakin bergeliat,” sebut Sopan belum lama ini, di kantornya.

Pengembangan sektor disarankan Sopian butuh konsistensi, seperti tentang ketersediaan lahan pertanian, potensi penyusutan lahan pertanian kerap terjadi tiap tahunnya.

“Ada saja lahan pertanian, yang beralih fungsi menjadi sektor pertambangan, perkebunan kelapa sawit, serta peruntukan lainnya,” keluh Sopian dengan nada prihatin.

Belum lagi diperparah, dengan kondisi Kukar alami kekurangan petani, saat ini petani yang ada di Kukar, didominasi petani tua, dari segi umur dan tenaga alami penurunan.

“Jumlah petani muda di Kukar juga masih minim,” ucapnya.

Kedepannya, diharapkan Pemkab dan DPRD Kukar semakin bersinergi, demi mewujudkan dan mempertahankan Kukar, yang sudah dikenal sebagai lumbung pangan Kaltim.

“Jangan sampai, Kukar yang sudah terkenal sebagai lumbung pangan di Kaltim, bisa hilang dan bergeser ke daerah lain, imbas persoalan pertanian tidak terselesaikan dengan baik,” jelasnya.(adv/02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *