Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

TUAN RUMAH : Piala bergilir diserahkan Sekda kepada Camat Loa Janan Heri Rusnadi

PERSPEKTIF.INFO (TENGGARONG) – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 di Kecamatan Kota Bangun Darat yang dimulai sejak 9 November tadi, resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Dr H Sunggono, Rabu (15/11) malam  di Arena Utama MTQ, Lapangan Sepak Bola Kota Bangun III ditandai dengan pemukulan perkusi.

Keluar sebagai Juara Umum yakni Kecamatan Loa Janan dengan total poin 91, Juara II Tenggarong 74 poin, Juara III Muara Badak 66 poin, diikuti Samboja 37 poin di posisi 4, kemudian posisi 5 ditempati Kecamatan Loa Kulu dengan 24 poin, serta diiringi kecamatan-kecamatan lainnya.

Sekda mengatakan MTQ ke-44 Kukar 2023 ini berjalan dengan tertib, lancar dan suasana tetap kondisif. Hal ini patut disyukuri karena kondisi ini mencerminkan bahwa betapa masyarakat Kukar khususnya masyarakat Kota Bangun Darat sebagai tuan rumah senantiasa mencintai dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan, rasa kekeluargaan, rasa toleransi dan rasa kebersamaan, dalam memberikan pelayanan dan memuliakan tamunya.

Ia juga bersyukur bahwa 20 Kecamatan seluruhnya mengirimkan peserta. Ada yang mengikuti seluruh cabang, dan masih ada yang memilih beberapa cabang lomba saja yang diikuti, hal ini menunjukkan bahwa pembinaan yang telah dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) di masing-masing kecamatan telah berjalan dan berhasil dengan baik.

“Kedepan saya harapkan peran LPTQ Kecamatan harus lebih di berdayakan dalam melakukan pembinaan terhadap Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah melalui Rumah Qur’an (Baitul Qur’an yang di bangun di setiap Kecamatan minimal 1 (satu),” ujarnya saat menyampaikan sambutan Bupati Edi Damansyah.

Lebih lanjut disampaikan, dalam setiap perlombaan pastilah ada yang juara dan belum juara, namun dalam perhelatan MTQ ,semua peserta adalah para juara-juara di hadapan Allah SWT, karena semua adalah pejuang-pejuang Al-Quran yang bukan hanya cinta membaca al-qur’an dengan tartil, mahroj dan tajwid yang benar dan indah, tetapi juga berusaha memahami isi kandungan al-qur’an, yang pada gilirannya mengamalkan al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah yang menjadi cita-cita Pemkab Kukar bersama masyarakatnya untuk menjadikan masyarakat yang sejahtera dan bahagia, yaitu sebuah negeri yang aman, tentram, subur, makmur, masyarakatnya yang religius terwujud sejahtera dan bahagia dibawah naungan Al-Qur’an dan Ridho Allah SWT.

“Selamat atas prestasi yang diperoleh, dan saya ucapkan juga selamat kepada yang belum memperoleh prestasi dalam MTQ ini, teruslah berlatih dan teruslah berjuang, jangan pernah menyerah karena masih ada hari esok yang memungkinkan kalian untuk menjadi juara,” ujarnya.

Oleh karena itu Sekda menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mambantu dan ikut bekerja keras dalam menyukseskan penyelenggaraan perhelatan MTQ ke-44 tahun 2023 ini.

Pada acara itu juga diumumkan tuan rumah MTQ Kukar berikutnya, yakni Kecamatan Samboja Barat.

Hadir pada acara itu unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), jajaran LPTQ Kukar, kepala Pengadilan Agama Tenggarong, para pejabat tinggi pratama Pemkab Kukar, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kukar, kepala Kantor Kementerian Agama Kukar, para pimpinan perusahaan, dewan hakim MTQ dan seluruh Panitia MTQ, camat se Kukar, camat Kota Bangun Darat selaku ketua panitia dan seluruh jajarannya, Pengurus LPTQ Kecamatan se Kukar, para dewan hakim, dewan pengawas, tim verifikasi, tim musabaqah, seluruh kafilah dan para peserta MTQ, para pelatih pendamping, para tim official dari seluruh kecamatan, serta warga sekitar. (hl/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *