Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

CAPAIAN KINERJA : Wiyono mewakili Bupati Kukar dalam rapat optimalisasi pembangunan yang dipimpin Pj Gubernur Akmal Malik

PERSPEKTIF.INFO (TENGGARONG) – Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kutai Kartanegara Wiyono menghadiri  Rapat Kerja Gubernur Kaltim dengan Bupati/Walikota se-Kaltim dalam rangka Optimalisasi Penyelenggaraan Pemerintahan & Pembangunan pada Rabu (15/11/23) di Hotel Novotel Balikpapan.

Dalam arahannya Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan  bahwa sangat lah penting sebuah data dalam pengambilan sebuah kebijakan. “Dengan data yang baik dan akurat maka kita bisa mengambil suatu kebijakan dengan tepat” ungkapnya.

Selain ia meminta  kepada seluruh Kabupaten dan kota di Kalimantan Timur untuk fokus dalam pembangunan Kaltim. Ia juga menegaskan kepada seluruh pejabat terkait agar menyampaikan seluruh kegiatan yang telah dikerjakan kepada masyarakat karena masyarakat berhak tahu apa yang sudah dikerjakan.

“Kita mengunakan uang rakyat maka sampaikanlah apa yang telah kita perbuat untuk rakyat sehingga rakyat tau apa saja yang telah dikerjakan,” imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut Akmal Malik juga sempat menjabarkan beberapa pencapaian kinerja diberbagai  bidang di Kalimantan Timur.

Ditambahkannya, Penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah  harus melibatkan beberapa aspek dan tantangan yang perlu diperhatikan untuk memastikan kelancaran, keberlanjutan dan efektivitas kebijakan dan program pemerintah. “Selain itu adaptasi dan respon terhadap isu-isu aktual daerah dan nasional perlu dilakukan sehingga penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Kalimantan Timur dapat menjawab kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Ada pula penjelasan Akmal Malik, terkait implementasi program dalam mengoptimalisasi penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah  melibatkan serangkaian langkah dan strategi untuk meningkatkan efisiensi, evektifitasi dan dampak pembangunan ditingkat lokal seperti pelaksanaan, perencanaan  serta monitoring dan evaluasi.

Sementara itu Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kutai Kartanegara Wiyono mengatakan bahwa Raker Gubernur Kaltim dengan Bupati/Walikota se-Kaltim  mengevaluasi tentang pembangunan dikalimantan timur.

Ia juga mengatakan bahwa Pj Gubernur menyampaikan evaluasi untuk masing-masing kabupaten/kota dan untuk Kutai Kartanegara sudah banyak target terpenuhi dalam pembangunan  salah satunya adalah urusan perumahan rakyat  yang telah berhasil menangani kawasan kumuh dengan optimal  dan juga urusan kesehatan  seperti penanganan ibu hamil dan kesehatan balita.

” Selain target yang sudah terpenuhi juga ada target -target yang belum terpenuhi dan itu menjadi catatan bagi kami pemerintah daerah,” ungkapnya.

Selain itu raker ini juga membahas DBH sawit yang di bahas melalui deks-deks yang lebih kecil agar lebih maksimal. Bukan hanya itu tambah Wiyono,  Masalah BBM pun dibahas karena akan ada  IKN  yang artinya akan ada meningkatkan jumlah pemakaian BBM karena jumlah kendaraan akan bertambah tetapi kuota BBM masih sama. “Ada peningkatan secara signifikan pemakaian BBM tetapi kuota tetap dan itu tak berimbang “imbuhnya.

Diakhir ia mengatakan bahwa akan melakukan evaluasi apa yang kurang dalam pembangunan  dan akan melakukan percepatan bagi bidang yang kurang. Dalam kesempatan  tersebut juga hadir sebagai  moderator Sekda Prov Sri Wahyuni dan juga Bupati dan walikota se Kalimantan Timur. (pro/hl/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *