Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

PERSPEKTIF.INFO-(Samarinda) – Muhammad Samsun, Legislator Karang Paci dari daerah pemilihan (dapil) Kutai Kartanegara telah mengamati potensi besar yang dimiliki masyarakat yang tinggal di Kampung Putak, Desa Loa Duri Ilir, Loa Janan.

Petani di Kampung Putak, yang masih setia mempertahankan tradisi menanam padi di lereng gunung, dianggap bisa menjadi pionir inovasi yang dapat diadopsi oleh desa-desa dan kampung-kampung lainnya.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, langkah inovatif yang diambil oleh petani di Kampung Putak ini tidak hanya memperkuat ketahanan pangan. Akan tetapi, juga memiliki potensi besar untuk melestarikan adat dan budaya setempat.

“Saya sudah ke sana dan mengikuti nugal padi yang memang terasa tak biasa, ditanam di lereng gunung yang terjal. Saya tak bisa berkata apa-apa lagi, petani di Kampung Putak patut mendapat empat jempol,” ungkapnya.

Tidak hanya sebagi bentuk pelestarian adat dan budaya. Samsun merasa bahwa lereng gunung yang produktif dan penuh dengan tanaman padi ini akan menciptakan lanskap yang indah.

“Jadi tidak hanya berdampak positif pada ketahanan pangan saja. Tapi, juga membuka peluang baru bagi sektor pariwisata di Kutai Kartanegara,” jelas pria kelahiran Jember itu.

Ini akan menciptakan kesinambungan yang harmonis antara pemenuhan kebutuhan pangan, pelestarian warisan budaya, dan pengembangan potensi ekonomi lokal melalui pariwisata.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada para petani di Kampung Putak yang gigih mempertahankan tradisi menanam padi di lereng gunung. Semoga daerah ini bisa terus berkembang,” harapnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *