Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

TANAM DI LAHAN KRITIS : Bupati Edi Damansyah (kedua kiri) bersama Kapolda Irjen Pol Nanang Avianto saat acara penanaman 500 pohon di Yayasan BOSF Samboja

PERSPEKTIF.INFO (SAMARINDA) – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menghadiri penanaman pohon bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto Pada Rabu(15/11/23) di Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation) Samboja Lestari Rt. 001 Kel Margomulyo Kec Samboja Barat Kab. Kutai Kartanegara
Pada kesempatan tersebut Polda Kaltim berkerjasama dengan Pemkab Kutai Kartanegara melakukan penanaman 500 pohon dan memberikan santunan kepada masyarakat membutuhkan yang rata-rata adalah para lansia (lanjut usia) serta melakukan vicon secara virtual dengan Kapolri dan Kapolda seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan bahwa Polda Kaltim melakukan penanaman ratusan pohon di kawasan BOSF ini sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kelestarian lingkungan.
Nanang menyebutkan aksi penanaman pohon ini diinisiasi Kapolri sebagai langkah mitigasi antisipasi bencana El Nino. “Hal ini tidak hanya sebatas seremoni saja tetapi upaya kita bersama menjaga kelestarian lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

Khusus untuk di kawasan Yayasan BOSF Samboja Lestari di lakukan penanaman sebanyak 500 bibit pohon, mulai dari tanaman keras dan tanaman buah-buahan.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan apresiasinya kepada Polda Kaltim dengan dipilihnya Kabupaten Kukar untuk lokasi penanaman 10 juta bibit pohon secara serentak di Indonesia. Tentunya kegiatan ini akan terus laksanakan di 20 kecamatan yang ada di Kukar karena ini memang inline dengan program Kukar Idaman Ku dengan menanam 1 juta pohon sebagai upaya pembangunan berwawasan lingkungan.

Dikatakannya, memang ada beberapa titik-titik yang akan dilakukan penanaman pohon tersebut terutama dikawasan lahan – lahan kritis. Dimana SDA Kukar sebagai salah satu kawasan pertambangan batu bara. “Kawasan pertambangan ini ada kawasan yang sudah direklamasi ada yang di eksploitasi dan ada juga yang sedang dalam persiapan reklamasi, dan semuanya memerlukan program penghijauan ini,” tutupnya.

Kegiatan penanaman pohon di Kaltim ini sendiri dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto dan dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan Manager Regional Kaltim Yayasan BOSF dr Aldrianto Priadjati.

Mendampingi Kapolda, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena juga tampak mengikuti kegiatan bersama dengan PJU Polda Kaltim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para tamu undangan. (pro/hl/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *