Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

foto M udin (ist)

PERSPEKTIF.INFO (SAMARINDA) – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur, M Udin, mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diminta untuk berperan aktif dalam mengawasi kegiatan pasca tambang yang dilakukan oleh beberapa perusahaan pertambangan di Kalimantan Timur.

Mantan Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan itu, ingin memastikan bahwa setiap perusahaan telah memenuhi kewajibannya. Karena itu ia meminta agar Pemerintah Pusat tidak hanya memberikan kebijakan.

“Kami di daerah tidak punya kewenangan, jadi kita ingin pihak pusat juga ikut turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi lubang-lubang pasca tambang,” ungkapnya.

Udin mengungkapkan, lubang-lubang pasca tambang di Bumi Etam harus diklasifikasikan dan dikategorikan terlebih dahulu, mana yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan mana yang tidak agar dapat ditangani dengan tepat.

“Lubang-lubang pasca tambang yang bermanfaat bagi masyarakat kan nantinya bisa dijadikan sebagai sumber air atau tempat wisata, asalkan terjamin keamanan dan kualitas airnya. Sedangkan yang tidak bermanfaat harus ditutup dan direklamasi kembali,” tutupnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *