Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Lestarikan Kebudayaan dan Kearifan Lokal

KONTINGEN KUKAR : WAKIL Bupati Rendi Solihin bersama rombongan Dinas Pariwisata Kukar, menghadiri Genta Nusantara III di Bali, berlangsung 2-5 November 2023. (foto: humas setkab kukar)

PERSPEKTIF.INFO (TENGGARONG) – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menghadiri Festival Toleransi Indonesia bertajuk Genta Nusantara III di Bali, berlangsung 2-5 November 2023. Sebuah temu budaya nasional diikuti berbagai perwakilan daerah-daerah di Indonesia. Mengangkat tema “Keluhuran Nusantara” acaranya meliputi temu budaya, pementasan seni, karnaval wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta dan eduwisata toleransi.

“Melalui ajang ini semua menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah,” jelas Rendi –demikian akrab disapa.

Memang, Kukar menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian di acara itu. Karena keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN), dibangun dalam kawasan Kukar. Sehingga banyak tantangan berat harus dihadapi daerah ini ke depan. Namun begitu, Rendi menegaskan, Kukar berusaha maksimal terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokal.

“Kami akan maksimal menjaga kebudayaan dan kearifan lokal selama ini telah dimiliki masyarakat Kukar. Mengingat kebudayaan adalah identitas suatu daerah. Jadi memang seharusnya dijaga serta dilestarikan. Apalagi Kukar memang banyak memiliki kebudayaan serta kesenian. Seperti tari tradisional, bahasa dan lain sebagainya,” jelas Rendi, lagi.

Sekadar informasi, di 2021 lalu Genta Nusantara I dan berikutnya pada 2022 dilaksanakan Genta Nusantara II, berlangsung di Royal House Rumah Budaya Yogyakarta. Tentu saja kontingen Kabupaten Kukar juga hadir sebagai peserta. Nah pada Genta Nusantara II di Bali ini, kontingen Kukar dikomando Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kukar, David Haka. Mengandalkan Musik Topa Ethnic, sebuah kelompok musik tradisional yang tampil mantap.

“Genta Nusantara III ini diikuti sebanyak 662 seniman dari 11 provinsi. Bahkan ada seniman luar negeri. Dibuka temu budaya pada Kamis (2/11) dilanjutkan agenda lainnya, yakni seni pertunjukan, pameran UMKM dan kegiatan kepariwisataan. Berupa kunjungan ke Puja Mandala,” urai Nengah Rata Artana selaku Ketua Panitia Genta Nusantara III. (hl/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *