Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Puji Setyowati, Dok RL/Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda)-Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati, menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Pasalnya, Puji sapaan akrabnya, melihat urgensi pemerataan pelayanan kesehatan yang merata di seluruh daerah Kaltim, saat ini sangat dibutuhkan.

“Sebab, urgensi pemerataan pelayanan kesehatan yang merata di seluruh daerah itu perlu direalisasikan,” ungkapnya.

Menurut dia, ini adalah tantangan besar yang harus diatasi, terutama di wilayah terpencil yang seringkali menghadapi hambatan besar dalam akses pelayanan kesehatan

Salah satu faktor utama yang menjadi penghambat pemerataan layanan kesehatan adalah biaya transportasi yang tinggi, terutama di wilayah yang berjarak jauh dari ibu kota

Selain itu, Ia mengatakan dorongan untuk akreditasi adalah salah satu syarat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Memang pelayanan dasar itu harus punya sertifikasi,” ujar Puji Setyowati, pada Selasa (31/10/2023).

Ia mengatakan, banyak rumah sakit yang memiliki peralatan  canggih, namun  juga perlu dukungan tenaga kesehatan yang mumpuni untuk memperoleh akreditasi.

Sementara di Kaltim, Puji menilai sumber daya manusia di bidang kesehatan masih belum merata, meskipun secara rasio tenaga kesehatan secara keseluruhan cukup.

“Jadi tidak hanya tersedia alat-alat yang cukup tetapi juga memiliki sumber daya manusia juga harus mumpuni,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Puji meminta pelayanan masyarakat untuk terus ditingkatkan guna memperoleh sertifikat akreditasi, karena Puskesmas merupakan tempat pelarian pertama masyarakat saat akan memeriksa kesehatannya, pintanya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *