Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

PERENCANAAN TPA BARU: Kecamatan Loa Kulu Siapkan Lahan 2 Hektare Untuk Lokasi TPA Baru/foto ilustrasi

TENGGARONG-Pemerintah Kecamatan Loa Kulu sedang mempersiapkan lokasi pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah baru di Desa Jembayan Tengah. Hal ini untuk mengatasi masalah penumpukan sampah di Loa Kulu. Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengatakan, lahan milik pemerintah telah disiapkan seluaS kurang lebih dua hektare. Lokasinya juga jauh dari permukiman warga, sehingga bisa dimanfaatkan.

Alasan pembangunan TPA baru ini, disebabkan tempat pembuangan akhir di Desa Loa Kulu Kota sudah kelebihan muatan. Sehingga perlu dibangun TPA baru lagi. “Sampah ini menjadi salah satu masalah di masyarakat, kita menginisiasi adanya TPA di Jembayan Tengah, di sana ada lahannya pemerintah,” kata Ardiansyah, Rabu (1/11/2023).

Untuk mengangkut sampah ke TPA baru nantinya, Kecamatan Loa Kulu telah mendapat bantuan 1 unit mobil truck sampah dari pemerintah daerah. Jadi saat ini Loa Kulu ada 2 armada pengangkut sampah. Selain membangun TPA baru, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan pengelolaan sampah yang baik dan benar kepada masyarakat. Nantinya, sampah-sampah anorganik yang dikumpulkan warga bisa diolah dan didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

“Nanti ada masyarakat di beberapa desa kita latih untuk pengelolaan sampah yang benar. Namanya simpanan emas. Kita kelola menjadikan sampah ini sumber penghasilan masyarakat,” tandasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *