Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub, RL/Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda)- Salah satu upaya pemerintah yang harus di tingkatkan yaitu Sektor Pariwisata yang juga bisa dijadikan solusi jitu dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, diperlukan tata kelola yang baik dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Apalagi Kaltim memiliki beragam objek wisata yang bila dikelola dengan baik, dapat mendatangkan para turis asing maupun lokal.

Salah satu objek wisata yang berpotensi mendatangkan banyak turis adalah Sangkulirang Rock Arts di Kutai Timur.

Maka dari itu, Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub memberikan solusi agar sektor pariwisata Bumi Etam ini dilirik para wisatawan dan mampu tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satu solusinya, kata dia, promosi paket perjalanan wisata yang masif melalui sarana komunikasi berbasis digital untuk meningkatkan gairah kepariwisataan.

“Pembangunan dan pengembangan destinasi itu sendiri harus barbasis pada digitalisasi dan tata kelola yang berbasis masyarakat. Selain itu, peningkatan kapasitas SDM pengelola destinasi wisata harus ditingkatkan,” katanya, Senin (30/10/2023).

Ia juga menejlaskan perlunya mendorong terwujudnya kerja sama kolabaratif dengan semua pemangku kepentingan (multi stakeholder) pelaku wisata untuk terwujudnya kepastian harga paket kunjungan wisata.

Namun, menurutnya, secara mendasar harus dilakukan akselerasi pembangunan dan pengembangan akses menuju destinasi wisata.

“sehingga terwujudnya destinasi antar kawasan, kabupaten/kota maupun antar ibu kota kabupaten, kecamatan, dan antar destinasi yang terkoneksi di Kaltim.”ucap Rusman. (RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *