Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati/Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda) – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati, memberikan dukungan terhadap relokasi buaya Riska ke Penangkaran Teritip, Balikpapan. Dia menyatakan bahwa pemindahan Riska ke tempat yang diurus oleh lembaga resmi akan meredakan kekhawatiran masyarakat.

“Menyerahkan Riska kepada lembaga resmi untuk perawatan khusus adalah pilihan yang lebih aman dan tidak menimbulkan risiko besar bagi penduduk sekitar,” ujarnya.

Puji Setyowati juga menyatakan bahwa keberadaan Riska di penangkaran hewan dapat menjadi potensi pengembangan wisata di Kaltim.

“Saya mendukung ide bahwa Riska ditempatkan di penangkaran atau diadopsi oleh pemerintah untuk pembudidayaan. Tempat ini bisa menjadi tujuan wisata, seperti kebun binatang mini, dengan tidak hanya buaya, tetapi juga banyak hewan asli Kalimantan lainnya yang dapat dikembangkan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa adanya tempat wisata semacam itu dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata serta memunculkan efek positif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dengan terbentuknya tempat wisata semacam kebun binatang mini, akan ada efek berganda bagi para penjual di sekitar, hotel akan mendapat kunjungan wisatawan lokal yang banyak. Ini akan meningkatkan pendapatan per kapita Kaltim secara keseluruhan,” ungkapnya.

Puji Setyowati menekankan pentingnya dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Kaltim, investor, dan pengelola kebun binatang untuk mewujudkan potensi pariwisata ini. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk turut serta menjaga fasilitas wisata yang ada agar tetap terjaga dan lestari.

“Tidak lupa juga saya mengimbau kepada masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas wisata yang sudah ada agar tidak rusak dan punah,” pungkasnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *