Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun/Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO,(Samarinda) – Kaltim, sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam, telah menjadi magnet bagi perusahaan besar yang ingin berkembang di wilayah ini. Melihat hak itu, Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun, menggarisbawahi pentingnya memprioritaskan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di setiap perusahaan yang beroperasi di sana.

“Dalam pertumbuhan ekonomi dan industri yang cepat, keselamatan dan kesehatan pekerja harus jadi fokus utama, terutama dalam mengatasi risiko kebakaran,” ungkap Samsun.

Dia menegaskan bahwa kejadian berbahaya seperti kebakaran bisa terjadi kapan saja, sehingga penting untuk memiliki kesiapsiagaan dalam situasi darurat di tempat kerja, khususnya di industri dengan risiko tinggi.

“Sistem penyelamatan harus ditingkatkan untuk menanggapi keadaan darurat yang mungkin terjadi,” tambahnya.

Samsun juga menyoroti perlunya persiapan K3 sejak tahap awal sebelum mesin dan fasilitas utama di perusahaan mulai beroperasi.

“Penyiapan untuk rencana penyelamatan harus dilakukan sejak awal,” ujarnya.

Ancaman serius seperti kebakaran menjadi fokus utama, terutama dalam lingkungan pabrik yang memiliki mesin dan peralatan yang rentan terbakar.

“Kebakaran bisa dengan cepat merambat dan meningkatkan risiko kerugian yang signifikan,” jelasnya.

Selain pencegahan, evaluasi yang cermat diperlukan untuk mengetahui penyebab kebakaran dan mencegah kejadian serupa di masa depan, serta mengurangi dampaknya secara efektif.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *