Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

LUMBUNG PANGAN: Wabup Rendi (kelima kiri) saat panen raya di Tenggarong Seberang

TENGGARONG-Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin bersyukur atas panen padi dari Kelompok Desa Bukit Raya. Sebab, saat dilanda musim kemarau seperti ini, Kukar masih bisa menghasilkan padi berkualitas, bahkan jumlah nya meningkat dari panen sebelumnya. Hasil panen kali ini mencapai 6,5 ton sedangkan sebelumnya hanya sekitar 4 ton dalam 1 Ha. “Di tengah kekeringan yang melanda daerah lain, Alhamdulillah Kukar, khususnya Desa Bukit Raya masih bisa panen,” ucap Rendi saat memimpin panen raya yang dihadiri lintas instansi pada (13/9).

Panen raya yang terjadi di Desa Bukit Raya ini semakin menegasakan bahwa Kukar merupakan daerah lumbung pangan di Kaltim.

“Kukar merupakan pemasok utama beras di Kaltim mencapai 45 persen, dan ini akan terus kita tingkatkan, dengan mensuport para petani peralatan dan infrastruktur,” jelasnya.

Sudah ada beberapa kecamatan yang ditetapkan sebagai fokus pertanian khusunya sawah. Lahan-lahan yang ada akan dimaksimalkan lagi untuk menjadi lahan persawahan di wilayah inti IKN Nusantara.
Salah satu anggota kelompok tani cempaka Desa Bukit Raya, Sudjoko berpendapat, jika saja pasokan air terpenuhi atau melimpah, maka hasil panen mungkin bisa lebih dari jumlah yang sekarang.

“Kalau ada air mungkin bisa jauh lebih banyak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dengan datang nya wakil bupati Kukar ini, Sudjoko berharap agar pemerintah bisa lebih lagi dalam memperhatikan petani, guna menciptakan kemandirian pangan.

“Walaupun berbagai bantuan sudah kerap diterima, namun tak memungkiri masih ada beberapa hal yang dibutuhkan petani.”

Kebutuhan petani yang diharapkan dapat dipenuhi pemerintah, di antaranya infrastruktur jalan, saluran irigasi, biaya operasional hingga peralatan pertanian. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *