Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Anggota DPRD Kaltim, Sutomo Jabir / Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda)- Anggota DPRD Kaltim, Sutomo Jabir, menyoroti masalah ketiadaan akses listrik di beberapa wilayah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Ia menekankan pentingnya PT Kayan Hidro Energi untuk segera memulai pembangunan pembangkit listrik guna mengatasi keterbatasan tersebut.

Jabir mengidentifikasi Kecamatan Sangkulireng dan Kecamatan Sandaran sebagai wilayah yang masih terkendala akses listrik. “Kedua kecamatan ini masih mengalami kesulitan mendapatkan akses listrik,” ujarnya

Dia menjelaskan bahwa PLN telah siap untuk melaksanakan pembangunan pembangkit listrik, namun terhambat oleh izin usaha dari PT Kayan Hidro Energi. Permasalahan ini menyebabkan PLN tidak dapat bergerak karena berada dalam lingkup izin yang telah diberikan.

“Hingga saat ini, PT Kayan Hidro Energi belum menunjukkan langkah konkret dalam pembangunan pembangkit atau penyediaan jaringan listrik untuk wilayah tersebut,” tambahnya.

Jabir menegaskan bahwa jika PT Kayan Hidro Energi tidak mampu memulai pembangunan pembangkit listrik dalam waktu dekat, pihaknya mendorong agar tanggung jawab tersebut diserahkan kepada PLN. Menurutnya, PLN siap untuk bertindak jika izinnya dilepas.

“Apabila PT Kayan Hidro Energi terus mengalami kesulitan, mereka harus segera memulai proses tersebut,” tegasnya.

Dalam konteks ini, dia menekankan perlunya mediasi dan fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kita perlu duduk bersama antara PLN, PT Kayan Hidro Energi, dan Kementerian ESDM untuk mencari solusi dalam pembangunan tersebut,” pungkasnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *