Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda) – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati, menyoroti pentingnya mendukung pelestarian seni di wilayah tersebut dengan penyediaan fasilitas yang mendukung aktivitas seni dan penyuluhan mengenai kesenian yang ada di Kaltim.

Menurutnya, seni asli Kaltim memiliki daya tarik yang sangat khas, terutama dalam hal pakaian tradisional yang dipakai oleh penari tradisional. Jika mendapat perhatian dan pengembangan lebih lanjut, kesenian ini memiliki potensi besar untuk menarik minat masyarakat, terutama dari luar daerah, untuk mengunjungi.

“Kesenian kita, seperti tarian Dayak, Pesisir, Kraton di Kutai Kartanegara, seharusnya bisa menjadi andalan pariwisata,” ujarnya

Namun, Puji Setyowati menyatakan bahwa upaya untuk mendukung aktivitas kesenian masyarakat Kaltim masih belum optimal. Baik dalam hal sosialisasi jenis kesenian yang ada maupun penyediaan tempat bagi masyarakat, terutama generasi muda, untuk melestarikan kesenian.

“Memang ada bangunan yang bisa digunakan sebagai tempat latihan bagi anak-anak atau masyarakat, namun jika dibandingkan dengan Pulau Jawa, kita masih tertinggal jauh,” tambahnya.

Dia berharap pihak terkait seperti Dewan Kesenian Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), serta Dinas Pariwisata dapat bekerja sama lebih baik untuk menyediakan sarana bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan seni.

Puji Setyowati juga menekankan bahwa di Kaltim, banyak masyarakat dari luar daerah yang datang ke Samarinda dan Desa Pampang untuk menyaksikan pertunjukan seni. Namun, sayangnya tidak selalu ada pertunjukan seni setiap hari di sana.

Menurutnya, jika terdapat lebih banyak destinasi pariwisata yang menarik minat masyarakat luar untuk berkunjung, hal ini dapat memberikan manfaat signifikan terutama dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Ini juga akan menjadi kontribusi besar bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *