Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati

PERSPEKTIF.INFO-(Samarinda)- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Puji Setyowati, memberikan dukungan terhadap upaya daerah dalam membangun Kota Layak Anak (KLA) untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan ramah bagi generasi muda di wilayah Kaltim.

Puji Setyowati menyebut bahwa KLA mengusung gagasan menjadikan kota sebagai tempat yang nyaman bagi anak-anak, di mana mereka bisa merasa aman, nyaman, serta dikelilingi oleh perlindungan dan kasih sayang.

“Kota harus menyediakan lingkungan yang mendukung kegiatan bermain, pembelajaran, serta pengembangan minat dan bakat anak-anak,” ungkapnya

Menurutnya, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh untuk proyek KLA, termasuk edukasi pengembangan minat dan bakat anak, menciptakan lingkungan yang aman, serta menyediakan fasilitas yang ramah anak dalam aspek lalu lintas.

“Saat berbicara mengenai lalu lintas, penting untuk memiliki area lalu lintas yang sesuai bagi anak-anak, seperti trotoar yang memberikan rasa aman, penyebrangan khusus untuk mereka, dan pengaturan lalu lintas yang memadai,” jelasnya.

Lebih lanjut, dia menekankan, pentingnya tempat bermain bagi anak-anak, seperti ruang terbuka hijau (RTH), yang tidak hanya menjadi tempat bermain, tetapi juga memainkan peran signifikan dalam menggerakkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

“Anak-anak usia 0 hingga 5 tahun menghabiskan sekitar 70 persen waktunya dalam permainan edukatif, maka penting bagi orang tua untuk mengawasi mereka secara langsung,” tambahnya.

Puji Setyowati mengungkapkan bahwa pemerintah pusat telah memberikan instruksi untuk mempersiapkan Kota Layak Anak (KLA) dengan fokus tidak hanya pada infrastruktur, tetapi juga pada pendidikan karakter melalui berbagai lembaga seperti PAUD, playgroup, TK, dan organisasi masyarakat.

“Dalam penataan KLA, pendidikan karakter juga sangat vital dan harus disesuaikan dengan permainan yang bermanfaat bagi perkembangan anak,” tutupnya.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *