Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono /Perspektif.Info

PERSPEKTIF.INFO, (Samarinda) – Upaya mendukung rencana pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kaltim pada 2024 Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono menyoroti pentingnya pengembangan dan perluasan layanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan sebagai gerbang utama IKN.

“Bandara itu menjadi pintu masuk ke Provinsi Kalimantan Timur sekaligus akses ke IKN. Meskipun ada bandara VIP khusus, para penumpang domestik juga akan tetap lewat Bandara Sepinggan,” Ucap Sapto saat di temui usai melakukan kegiatan DPRD.

menurutnya PT Angkasa Pura I yang ada di Balikpapan, Sapto menyebut landasan pacu Bandara Sepinggan akan diperpanjang menjadi 3.250 meter dari sebelumnya 2.500 meter

Selain itu, gedung bandara juga akan diperlebar guna mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang seiring pemindahan IKN.

“Bagaimana orang mau masuk ke IKN kalau bandara kita (Sepinggan) tidak diolah terbaik?” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Operasional PT Angkasa Pura I Indah Preastuty, mengatakan BUMN pengelola bandara itu akan melakukan evaluasi untuk meningkatkan fasilitas Bandara Sepinggan.

“Jika ada kapasitas ruang atau fasilitas yang kurang, AP I akan meningkatkan kapasitas dan fasilitasnya,” ungkapnya.

Selain sejumlah penerbangan domestik, Bandara Sepinggan Balikpapan juga punya rute penerbangan Internasional seperti ke Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.(RL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *