Berita Terbaru

Muhammad Dudi Hari Saputra Resmi Nahkodai DPC PTI Kukar Ketua Farida : TMMD ke 122 Bagian Penting Pembangunan Desa, (Panjang Jalan 3200 Meter, Jembatan 12 Unit = 3,1 Miliar) Junaidi Resmi Ditetapkan Ketua DPRD Kukar (2024-2029)

Digelar Dispora Kaltim Bekerjasama Dispora Kukar

BEKALI PELAJAR-Penuh semangat para peserta seminar kewirausahaan digelar Dispora Kaltim bersama Dispora Kukar. Menghadirkan Hardiansyah selaku pengusaha muda Kukar.

TENGGARONG-Banyak langkah dapat ditempuh, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Terutama dalam menghadari persaingan, setelah daerah ini jadi bagian Ibu Kota Nusantara (IKN). Seperti Rabu (4/10) lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), bekerjasama Dispora Kukar, menggelar Seminar Kewirausahaan di SMA Negeri (SMAN) 2 Tenggarong.

“Seminar kewirausahaan pemuda ini merupakan program Dispora Kaltim. Sebagai salah satu upaya kita menciptakan pengusaha muda. Apalagi kegiatan kewirausahaan pemuda, merupakan program tahunan rutin dijalankan dispora Kaltim maupun Dispora Kukar. Alhamdulillah program ini berjalan lancar di SMAN 2 Tenggarong. Tahun ini diikuti sebanyak 250 peserta,” ujar Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni.

Istimewanya lagi, seminar itu menghadirkan seorang pengusaha muda Kukar. Bernama  Hardiansyah, tak lain Co-fauder Setia Group, sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu Hardi –demikian akrab disapa– banyak berbagi pengalamannya kepada ratusan pelajar SMAN 2 Tenggarong. Supaya jadi motivasi generasi muda itu ke depan, unggul di tengah persaingan ketika IKN hadir.

“Banyak materi telah kami sampaikan ke adik-adik SMAN 2 Tenggarong. Paling tidak, nanti mereka bisa jadi pengusaha. Khususnya meningkatkan kearifan lokal dalam menyambut IKN di Kaltim. Jadi bisa bersaing sebagai pengusaha muda mandiri,” kata Hardi.

Kesempatan itu pun digunakan Hardi, menjelaskan prosesnya dalam meniti karir. Sehingga menjadi pengusaha sukses. Namun tetap mempertahankan kearifan lokal Kukar. Karena pada dasarnya, setiap grup bisa jadi perusahaan maju. Tanpa meninggalkan kearifan lokal.

“Hampir semua produk kami kelola dan pasarkan, adalah kebutuhan warga lokal. Apalagi untuk karyawan, sebanyak 90 persen adalah warga setempat. Nah semua dedikasi semacam ini, harus menjadi pemicu dan pemacu semangat kita semua. Termasuk para pelajar SMAN 2 Tenggarong, supaya terus semangat belajar. Supaya ke depan, semua dapat sukses di bidang apa pun yang dilakoni,” tuturnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *